20 Juli 2008

Sumber Daya Energi

oleh : Rumilla Harahap
Abstrak
Energi adalah kemampuan melakukan kerja (the abilitiy to perform work). Di alam ada berbagai macam bentuk energi. Diantaranya adalah : energi panas , cahaya, gravitasi, gelombang dan energi dll. Energi tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan tetapi dapat diubah ( transformasi ) dari satu bentuk ke bentuk lain. ( hukum termodinamika 1 ) . Energi radiasi dapat di transformasikan oleh klorofil tumbuhan menjadi energi kimiawi melalui prose fotosintesis. Energi potensial air terjun bisa di ubah menjadi energi kinetik kincir air, listrik, panas dan sebagainya. Sumber energi lainnya yang besar adalah minyak bumi . Minyak bumi terbentuk sebagai hasil dari binatang-binatang dan tumbuhan-tumbuhan mati selama jutaan tahun. Sejak pertama kali orang menemukan sumber energi ini ( 1959 )

I. Pendahuluan
Energi adalah Kemampuan untuk melakukan pekerjaan.Pengertian energi juga dapat di lihat dari 2 hukum termodinamika:
a. Hukum Termodinamika 1:
Energi tidak dapat diciptakan atau di musnakan oleh suatu proses atau peristiwa, tetapi dapat diubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya.
b.Hukum Termodinamika 2:
Setiap kali energi diubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya, panas akan dihasilkan dan entropi meningkat.
· Tidak semua dapat dikonversi menjadi kerja
· Tidak ada konversi energetik yang 100 % efisien
· Untuk terus hidup, makhluk hidup harus melawan kencendrungan meningkatnya entropi.
II. Pembahasan :
1.Energi matahari
Energi matahari yang mencapai lapisan terluar atmosfer hanya merupakan sepermilyar dari energi matahari total. Dari energi matahari yang sampai ke bumi,hanya 0.02 % yang di tangkap untuk fotosintesis.

Energi Matahari diperlukan untuk :
Ø Memanaskan Bumi dan menghasilkan iklim
Ø Menggerakkan daur-daur biogeokimiawi
Ø Memungkinkan kehidupan melalui proses fotosintesis
Ø Menghasilkan bentuk-bentuk energi terbaharui yang lain seperti tenaga air dan angin

2. Energi komersial
Sebagian besar Energi komersial diperoleh dari ekstraksi dan pembakaran
sumberdaya mineral dari kerak Bumi, terutama bahan bakar fosil yang yak terbaharui yang berasal dari makhluk hidup jutaan tahun yang lalu,pembentukkannya juga dengan bantuan matahari.

Pemanfaatan energi komersial di dunia :
1.Tak terbaharui ( 83 % )
· Dari minyak bumi 33 %
· Dari Batubara 27 %
· Dari Gas alam 18 %
· Nuklir 5 %

2.Terbaharui ( 17 % )
· Dari Biomasa 11 %
· Dari Geotermal, Air 6 %

3.Energi nuklir
Energi nuklir dapat diperoleh dari reaksi FISI ( pemecahan inti atom ).sebagai contoh terjadi pada : inti isotop dengan berat atom yang besar dipecah menjadi inti yang lebih kecil setelah dihantam oleh netron.proses ini akan menghasilkan netron dan menghasilkan energi.

Keuntungan dari energi nuklir :
Tidak mencemari udara apabila bekerja dengan efisien dan energi nuklir juga dapat berguna untuk pembangkit tenaga listrik.
Permasalahan yang dapat terjadi :
· Dampak penambangan ( mis.uranium )
· Bahaya radiasi
· Pembuangan limbah yang sangat berbahaya

Ada beberapa jenis energi yang tak terbaharui

a.Minyak bumi : berasal dari bahan organik ( hewan/tumbuhan yang sudah mati ) dan berasal juga dari senyawa yang mengandung hidrokarbon dan unsur S, O, N. Minyak bumi juga memiliki keuntungan yakni :
· Relatip murah
· Mudah diangkut / dipindahkan
· Energi netto tinggi
Permasalahan yang dapat timbul yakni :
· Pencemaran lingkungan oleh proses ekstraksi dan pemanfaatan
· Cadangan sudah terpakai 80 %
· Karena masalah konflik politis
b.Batubara berasal dari sisa tumbuhan rawa purba yang terkubur dengan tekanan dan suhu tinggi dan berasal juga dari senyawa yang mengandung karbon ( 40-98 % ) dan air, S .
Batubara juga memiliki keuntungan yakni :
· Terdapat dalam jumlah banyak
· Energi netto tinggi
Permasalahan yang dapat timbul yakni :
· Merusak / mencemari linkungan ( melalui proses ektraksi,pengolahan,pemanfaatan)
· Resiko tinggi bagi pekerja tambang
· Bahan bakar fosil yang paling kotor
· Pembakarannya sangat membahayakan kesehatan manusi
c. Gas alam
Berasal dari campuran berbagai gas hidrokarbon misalkan : metana dan gas alam terbentuk dimana suhu dan tekanan tinggi atau katalisator logam memecahkan senyawa hidrokarbon kompleks (mis.minyak) menjadi senyawa hidrokarbon sederhana.
Gas alam memiliki keuntungan yakni :
· Lebih murah dari pada minyak bumi
· Cadangan lebih besar daripada minyak bumi
· Mudah di pindahkan
· Energi nett tinggi
· Tidak banyak mencemari lingkungan
Permasalahan yang dapat timbul yakni :
· Dapat melepaskan senyawa toksik dalam proses pengolahan
· Perlu dicairkan untuk pengangkutan jarak jauh
· Kebocoran pipa produksi.
Ada berbagai jenis energi yang dapat diperbaharui
· Energi matahari
Energi ini dapat dimanfaatkan secara langsung untuk menghangatkan ruangan, memasak dan membangkitkan listrik dll.
· Tenaga air
Tenaga ini didapatkan apabila energi potensial dari air yang tertahan oleh suatu bendungan diubah menjadi energi kinetik saat air dibiarkan jatuh mengikuti gaya grafitasi. Energi air ini juga dapat digunakan untuk memutar turbin atau mesin penghasil listrik.
· Energi biomasa
Eergi ini didapatkan melalui pembakaran bahan organik seperti : tumbuhan / kayu, dan kotoran hewan. Ini merupakan contoh pemanfaatan energi matahari secara tidak langsung.
· Energi geotermal
Energi ini berasal dari panas yang dihasilkan didalam bumi akibat penguraian alami unsur kimiawi. Energi ini digunakan untuk memanaskan bangunan , menggerakkan mesin listrik, memasak dll. Panas ini naik kepermukaan melalui gunung berapi atau air bawah tanah, karena proses prose alami memakan waktu yang cukup lama , energi ini dianggap sebagai energi yang tidak terbaharui atau terbaharui dengan lambat.
· Tenaga angin
Tenaga ini juga dapat dipengaruhi oleh matahari, dan merupakan sumber energi termurah
Hal – hal yang perlu kita lakukan dalam menghadapi permasalahan energi :
Ø Meningkatkan efisiensi energi
Mengembangkan teknologi yang dapat menurunkan kebutuhan energi.
Ø Menghemat energi
Mengurangi atau menghentikan kegiatan yang membuang sumber daya energi
Ø Menggunakan lebih banyak energi terbaharui
Ø Menurangi bahaya pencemaran dan kesehatan
Sejak tahun 1973 ketika Negara-negara OPEC melancarkan embargo minyak , masalah energi menjadi bahan perdebatan yang hangat. Orang mulai melihat bahwa masalah energi bukan Cuma dari embargo OPEC saja. Minyak bumi adalah sumberdaya alam yang tak terperbaharui artinya apabila ekspoloitasi minyak bumi ini telah mencapai puncaknya ,akan sampailah kita pada kenyataan bahwa minyak bumi habis. Menurut perkiraan yang paling obyektif unsure minyak bumi tinggal kira-kira 20-30 tahun lagi, dan kendatipun berangkali masih bisa ditemukan sumber-sumber baru, tak akan lebih dari 80 tahun.
Pemanfaatan sumberdaya alam lain juga telah di lakukan gas bumi juga terbatas kesediaan nya. Batu bara ternyata kotor , sukar di ambil , tidak praktis , membuat polusi dan kemungkinan besar hanya akan dapat di eksploitasi paling lam 500 tahun . Pemanfaatan energi surya saat ini masih taraf permodelan karena harga solar sel yang mahal. Penggunaan kayu bakar dari hutan-hutan jelas sudah bukan jamannya lagi dan akan merupakan kekeliruan paling fatal yang dilakukan manusia jika hutan-hutan di tebangi untuk diambil kayunya sebagai sumber energi utama dunia. Memasak dengan kayu bakar membutuhkan energi 5 kali lipat lebih besar di bandingkan dengan menggunakan kompor minyak tanah.
Pemanfaatan sumberdaya energi kelautan pun masih dalam tahap percobaan ada 3 sumberdaya energi lautan yang potensial yaitu energi pasang surut, energi panas lautan dan energi gelombang . Pemanfaatan energi arus laut , kolam surya dan biomassa lautan masih dalam tahap penelitian . Pemanfaatan energi listrik tenaga air juga menghadapi permasalahan tersendiri : daya tahan bendungan , erosi, eutrofikasi, pendangkalan waduk, penutupan tumbuhan air terutama eceng gondok. Eceng gondok itu sendiri berpotensi sebagai sumber energi bio gas. Tumbuhan lain seperti ubi jalar dapat menghasilkan metanol. . Kotoran hewan juga berpotensi untuk menjadi sumber energi akan tetapi polusi yang ditimbulkannya ternyata tinggi , selain persediaan untuk pupuk organik menjadi berkurang. Energi nuklir bagi kebanyakan orang masih mencemaskan , terutama mengingat kasus bocor reaktor nuklir chernobyl di Rusia yang mengkontimnasi daratan timur dengan polusi radiasi nuklir yang sangat berbahaya.

III. Kesimpulan
Ø Energi matahariEnergi matahari yang mencapai lapisan terluar atmosfer hanya merupakan sepermilyar dari energi matahari total. Dari energi matahari yang sampai ke bumi,hanya 0.02 % yang di tangkap untuk fotosintesis.

Ø Energi komersial Sebagian besar Energi komersial diperoleh dari ekstraksi dan pembakaransumberdaya mineral dari kerak Bumi, terutama bahan bakar fosil yang yak terbaharui yang berasal dari makhluk hidup jutaan tahun yang lalu,pembentukkannya juga dengan bantuan matahari.

Ø Energi nuklir dapat diperoleh dari reaksi FISI ( pemecahan inti atom ).sebagai contoh terjadi pada : inti isotop dengan berat atom yang besar dipecah menjadi inti yang lebih kecil setelah dihantam oleh netron.proses ini akan menghasilkan netron dan menghasilkan energi.


IV Daftar Pustaka.

Ø Budihardjo, Eko, dan Hardjo, Sudarti. 1993. Kota berwawasan Lingkungan. Alumni Bandung

Ø Cunningham, W.P. & B.W. Saigo.1999. Environmental science : a global
concern. Fitth edition. Mc Graw-Hill Boston

Tidak ada komentar: